Cuma Weblog Entah-entahan

Dan SAMSAT Pun Berbenah…

Sambil ngeNet Gan!!..

Jum’at kemarin, kebetulan Saya menemani seseorang membayar pajak di SAMSAT Kota Bekasi di Cikarang. Terakhir Saya bayar pajak bulan sembilan tahun kemarin, mulai ada “perubahan”. Sekarang sudah lebih baik dari terakhir Saya datang.

Yang Saya catat diantaranya:

Minim Calo. (Bukan tidak ada.) Biasanya, ketika kita baru datang dan mendekati pos informasi di depan pintu. Kalimat yang paling umum keluar dari bibir Petugas adalah “Mau dibantu atau Sendiri??” Sehingga, pembayar pajak pasti risih dengan hal ini. Untuk satu ini sudah berkurang.

Tapi Saya masih melihat petugas memegang lembaran-lembaran formulir+surat kelengkapan layaknya membayar pajak, yang jumlahnya lebih dari satu, ditandai dengan nomor (diduga nomor urut), kemungkinan praktek calo masih berjalan disini. (mudah2an Saya Salah).

Proses administrasi lebih cepat. Biasanya Saya membayar pajak menghabiskan waktu hampir seharian, kira-kira dari jam delapan pagi sampai sekitar jam dua siang. Kemarin, Saya daftarkan jam sepuluh pagi, jam setengah duabelas sudah selesai. Kurang dari 2 jam.

Silahkan Gabung Gan!!..

Silahkan Gabung Gan!!..

Fasilitas hiburan. Kalau selama ini pembayar pajak harus menunggu tanpa kegiatan yang bisa mengurangi bosan, sekarang sudah ada Wi-fi bagi pecinta Hotspot Gratisan..😀 . Sempat ditest juga, ternyata termasuk cepat. Kalo bosan nge-net, gabung aja di Arena bermain Anak. Atau kalau agak malu, coba perhatikan tingkah lucu bocah didalamnya, mudah-mudahan bisa mengurangi kebosanan.:mrgreen:

Urutan Administrasi lebih tertib. Yang ini sudah berjalan ketika Saya bayar pajak September kemarin. Jauh sebelumnya, urusan administrasi mulai dari daftar, bayar dan terima kembali lembar administrasi dilakukan dalam satu ruangan, sehingga ruang penuh sesak dan berisik.

Sekarang sudah dipisahkan. Untuk Daftar dan Bayar dilakukan di dalam ruangan, sementara pengambilan lembar administrasi diluar ruangan. Hasilnya, jauh lebih tertib.

Mudah-mudahan kedepannya jauh lebih baik lagi. Khusunya untuk calo. Bagi pembayar pajak, karena sekarang prosesnya lebih cepat, jangan ragu untuk bayar pajak sendiri.

Hari Gini Masih Pake Calo??..

Itu kalimat yang Saya ingat dari spanduk di depan kantor SAMSAT Bekasi. Mudah-mudahan bermanfaat.

4 responses

  1. Aa Ikhwan

    berubah menuju ke arah yg lebih baik,.perlu didukung😀

    6 March 2012 at 4:36 pm

    • Setubuh Om!!..

      6 March 2012 at 4:41 pm

  2. free Wi-fi..??? mantaff🙂

    4 April 2012 at 3:34 pm

  3. Layanan publik memang harus banyak berbenah karena selama ini memang banyak sekali terjadi pungli dan ketebelece lainnya, semoga dengan pembenahan kinerja ini dapat menjadi contoh dan teladan bagi SAMSAT dikota lainnya

    12 July 2012 at 3:32 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s