Cuma Weblog Entah-entahan

Tutut/Kuwl/Keong Sawah = Obat Sakit Kuning…

Udah lama pengen nulis tentang ini.  Tapi karena kabar yang didapat baru sebatas “katanya”, dan keterbatasan pengetahuan, Saya agak ragu. Tapi mudah-mudahan ada yang bisa kasih kabar lebih jelas.

Kuwl (daerah Lampung) ato Tutut (daerah Jawa) alias keong sawah, adalah jenis siput yang biasa hidup di area persawahan atau air berlumpur yang aliranannya tidak deras. Berukuran sebesar jempol tangan atau lebih kecil. Berwarna hitam kehijauan, bercangkang tebal (jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya), mengerucut dibagian belakangnya.

Ada juga jenis siput sawah lainnya disebut Keong Emas. Berwarna kuning, berukuran bola golf, bisa lebih besar. Yang membedakan antara keduanya, warna dan bentuk cangkangnya. Bentuk cangkang Keong Emas lebih membulat, sementara Kuwl lebih mengerucut. Cangkang keong emas terlihat lebih tipis, karena ukurannya lebih besar.

Berikut ini Kutipan dari jurnal Warta Konservasi Volume 14 No. 3, Juli 2006, tentang Lahan Basah dari Wetlands International. (Dikutip dari Sini)

Sawah sebagai salah satu tipe lahan basah buatan tidak hanya berperan penting dalam menyediakan jenis-jenis tanaman menyehatkan, namun juga merupakan tempat hidup berbagai binatang air, mulai dari Protozoa (binatang bersel tunggal) sampai vertebrata (binatang bertulang belakang) seperti ikan dan katak. Moluska (keong-keongan dan kerang serta kerabatnya) termasuk juga binatang yang memanfaatkan sawah sebagai tempat hidupnya. Moluska yang hidup di perairan tawar dapat dijabarkan ke dalam kelas Gastropoda yang kita kenal dengan nama keong (bercangkang tunggal) dan kelas Pelecypoda/Bivalvia atau kerang (cangkangnya berkeping dua). Dari catatan pustaka, moluska air tawar yang pernah ditemukan hidup di perairan sawah, ada sebanyak 32 jenis (27 jenis Gastropoda dan 5 jenis Pelecypoda/Bivalvia). Moluska bercangkang tunggal, terdiri dari dua kelompok, yaitu Operculata yang dilengkapi operkulum (penutup cangkang) dan Pulmonata, yang tanpa operkulum.

Kuwl (marga Bellamya) termasuk dalam kelompok Operculata yang hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur serta ditumbuhi rerumputan air, dengan aliran air yang lamban, misalnya sawah, rawarawa, pinggir danau dan pinggir sungai kecil. Binatang ini lebih menyukai perairan yang airnya jernih dan bersih. Ada dua jenis dari marga Bellamya yang hidup di sawah, yaitu Tutut (Kuwl) jawa (Bellamya javanica) dengan sebaran di Thailand, Kamboja, Malaysia, Indonesia (kecuali Irian Jaya) dan Filipina, dan Tutut (Kuwl) sumatera (Bellamya sumatrensis) yang sebarannya mencakup Thailand, Kamboja, Malaysia, Indonesia (Sumatera dan Jawa).

Keong suku Viviparidae ini bisa memiliki tinggi cangkang sampai 40 mm dengan diameter 15-25mm; bentuknya seperti kerucut membulat dengan warna hijau-kecoklatan atau kuning kehijauan. Puncak cangkang agak runcing; tepi-cangkang menyiku tumpul pada yang muda; jumlah seluk 6-7, agak cembung, seluk akhir besar. Mulut membundar, tepinya bersambung, tidak melebar, umumnya hitam. Operkulum agak bundar telur, tipis, agak cekung, coklat kehitaman.

Gizi Tinggi.

Kuwl mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dalam kadar yang cukup tinggi pada tubuhnya. Berat daging satu ekor Kuwl dewasa dapat mencapai 4-5 gram. Selain makronutrien, tubuh Kuwl juga mengandung mikronutrien berupa mineral, terutama kalsium yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Dengan pengelolaan yang tepat, Kuwl dapat dijadikan sumber protein hewani yang bermutu dengan harga yang jauh lebih murah daripada daging sapi, kambing atau ayam.

(Sumber : Klik)

Makanan Lezat.

Hmmm… Mantap!!

Bagi yang tinggal di daerah, makanan dari olahan Kuwl tidaklah asing. Saya kurang tau bumbu yang dipakai untuk memasaknya, tapi dari internet saya dapatkan seperti ini:

Sebelum dimasak, bagian ujung kerucut spiralnya dipotong sedikit dengan pisau (tujuannya untuk membuang kotoran. lihat gambar pertama ditunjuk dengan no.1). Kemudian direbus hingga matang bersama bumbu salam, séréh, Lengkuas dan santan kelapa. Setelah matang siap dimakan, yaitu dengan cara disedot seketika (disedot menghentak). Daging Kuwl bisa keluar dan langsung masuk ke mulut, untuk ini jugalah kenapa bagian buntut cangkangnya harus dipotong supaya angin bisa masuk.

Yang paling nikmat dari Kuwl ini, adalah proses makannya. Disedot menghentak dari bagian depan Kuwl (lihat gambar pertama ditunjuk dengan no.2). Sluurrppp!!😀

Kalo ga bisa disedot, ya congkel aja pake lidi, ato tusuk gigi.

Di Cikarang mungkin banyak, karena Cikarang masih banyak sawah. Ntar kapan-kapan cari ah…

Obat Untuk Sakit Kuning.

Sakit Kuning atau sakit Lever (hati), sering kita dengar. Karena pemahaman Saya kurang, mohon maaf jika penjelasaanya kurang. Yang Saya tau, penyebabnya adalah terganggunya fungsi hati. Setiap racun yang masuk kedalam tubuh akan diurus oleh hati, jika terlalu banyak racun, rusaklah fungsinya.

Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan dan alkohol juga bisa memicu penyakit ini. (coba baca kemasan obat yang dijual pasaran. Biasanya ada peringatan bagi penderita fungsi hati)

Warna kuningnya disebabkan oleh zat Bilirubin yang harusnya di metabilisme oleh hati, tapi karena fungsinys yang terganggu, Bilirubin dalam tubuh meningkat dan menyebabkan warna kuning.

Mengenai Manfaatnya untuk menyembuhkan Sakit Kuning, baru Saya dapat sebatas “katanya” berdasarkan pengalaman. Kebetulan salah satu anggota Keluarga Saya pernah mengalami Sakit Kuning parah. Sampai opname di Rumah Sakit. Kejadiannya sendiri saat Saya masih kecil.

Menurut kabarnya, sebelum mengkonsumsi Kuwl, pernah juga mengkonsumsi bermacam obat, tapi tidak terlalu baik. Hasilnya membaik ketika mengkonsumsi Kuwl ini. Sehingga diklaim sebagai obat yang mujarab untuk sakit kuning.

Nah… Bagi pembaca yang mungkin kerabatnya sedang menderita sakit kuning, silahkan dicoba. Mudah-mudahan berkhasiat.

Sekian dulu dari om Idog. Mudah-mudahan bermanfaat….

Catatan: Terinspirasi dari kabar tentang Mang Udien  Disini (klik). Mudah-mudahan cepat sembuh….

Sumber gambar dari Sini

3 responses

  1. uenak iki.dipasar cikarang ada tapi kadang2 saja.(sering kepasar. hehehe)
    perumahanku juga mewah(mepet sawah) kok.dulunya di got juga banyak nih.terutama jenis keong mas.tapi seiring meningkatnya populasi di perumahan.air got aemakin tercemar dan kotor.sekarang sudah gak ada lagi.kalo mau nyari tinggal lompat pager rumah

    17 February 2012 at 5:21 am

    • perumahan mewah tho..😀 (baru tau arti MEWAH) diperumahan mana Om??
      di Cikarag baru jg ada yg jual, tapi kurang jos kalo cuma sekedar nyicipi. pengen ada sensasi ngolah sndiri. he…

      17 February 2012 at 9:25 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s