Cuma Weblog Entah-entahan

Premium Habis, Pertamax Ga Ada…

SPBU Sekampung Udik, Lam-Tim…

Kisah lain seputar mudik ke Lampung.

Langkanya Premium di SPBU Lampung, Lampung Tengah (Bandar Jaya), Lampung Utara (Kotabumi), Lampung Timur (Sribawono, Labuhan Maringgai, Mataram Baru, Way Jepara). Dimulai sejak hari kedatangan Senin 21 November.

Hari Senin sekitar jam 11 siang, Saya antri hampir 20-menit. Ketika motor terakhir didepan Saya sedang mengisi, (dalam hati) Alhamdulillah… akhirnya tiba giliran Saya.🙂

“Habis!!..” teriak operator.

“What!!..” “Astaghfirullah aladziim…” keterlaluan nih operator, masa bensin sudah hampir habis masih buka antrian panjang tanpa peringatan sama sekali…

OK deh. Terima aja… Sapa tau ada dosa Saya ada yang dihapus saat ngantri tadi… :mrgreen:. Lanjut cari SPBU lain yang masih ada…

Dapet. Seperti sebelumnya, puuaaannnjanggg…..

Sebelah kiri rata-rata tukang bensin Eceran yang ngantri, sebelah kanan motor pribadi. Ambil yang kanan aja, meskipun lebih panjang, tapi ngisinya lebih sedikit. Menurut perhitungan, tentu lebih cepat.

Alamakkk…. Sampai diujung, ternyata selang bensin cuma satu. Yang satu rusak, jadi kanan kiri, antriannya sama. Kalo ambil sebelah kiri justeru lebih cepat sekitar 3 motor. Pengen negur mbak operatornya, tapi karena liat tampangnya yang kecape’an, jadi ga tega… Dasar nasib!! Emang penuh perjuangan kalo tinggal di Kampung, ga seperti Cikarang, SPBU seperti Cendawan musim hujan. Hampir setiap 1/2Km ada SPBU…

Sudahlah.. kurang dari sejam lagi sampe. Bahagia rasanya.

Itu hari pertama di Bandar Jaya-Lampung Tengah, hari berikutnya ga ada motor-motoran. Karena Saya bersama keluarga berkunjung ke Labuhan Maringgai-Lampung Timur naik mobil (pengen naik motor, tapi dilarang keras).

Hari ketiga di Kotabumi-Lampung Utara, premium sama langkanya. Tapi masih ada pertamax, kalo di Cikarang biasa campur pertamax+premium, di Kotabumi pertamax full tank. Daripada beli premium eceran Rp6000,-/liter, mending pertamax sekalian.

Dihari ketiga inilah Saya akan pulang ke Cikarang, transit dulu di Kalianda-Lampung Selatan, ke tempat orang tua angkat. Tapi rencana tinggal rencana. Karena sesuatu dan lain hal, Saya harus kembali ke Labuhan Maringgai menjemput seseorang.  Artinya, cuti 3 hari yang Saya ajukan, harus ditambah satu hari lagi. Aseeekkkk…. Bisa ke pantai nih, makan kerupuk ikan sepuasnya, makan pempek. Benar-benar liburan.😎

Sekitar jam 6 sore Saya sampai di wilayah Sukadana-Lampung timur, mata pun mulai menari kesana-kemari berharap menemukan SPBU. Sukadana, Way Jepara, Mataram Baru, hampir satu jam perjalanan “PREMIUM HABIS!”.

Tapi masih ada Pertamax. Alhamdulillah… jadi orang mampu lagi kali ini. Banting stang, masuk Pom. “Pertamax mba!!…” percaya diri sekali nih bebeker.

“Pertamax ga ada pak…” jawab si emba.

“Lho!!??..” Masih ga percaya…

“Baru ada tulisannya.. Pompanya belum ada.”

Wah!.. Baru nyadar, ternyata emang ga ada pompa. Cuma tulisan Pertamax aja yang gede. Yah.. Akhirnya bebek minum bensin eceran. Ga papalah.. sekali-sekali.. Yang penting bebek bisa ngapung lagi. Full throttle lagi.

Perjuangan hari ketiga cari premium di SPBU, usai sudah. Tanpa hasil. Hari keempat dalam perjalanan ke Kalianda, jalan pulang sembari berburu Premium.

Yang paling berkesan dihari keempat ini. Sekitar 30menit perjalanan, akhirnya Saya temukan juga SPBU yang mengandung Premium. Maka Saya langsung masuk antrian, baru standar samping Saya pasang tiba-tiba seseorang menghampiri. Pikiran langsung aneh-aneh, ngapain nih orang??..

Yang tengah yang ngasih tau… Makasih ya Om…

“Pak, mending bapak langsung ke depan. minta tolong ama yang jaga, supaya di isi langsung… Kalo ngantri bisa sejam pak…!!!” fiuh!!.. lega, ternyata nih orangternyata baik.

Langsung dah kedepan, minta tolong ke operator yang lagi sibuk. Ternyata parah sekali, operator cuma satu, yang ngantri jerigen semua. Ada satu petugas polisi disitu, mungkin untuk memastikan keamanan. Karena emang kondisinya rame, kalau ga dijaga, pasti antriannya ga rapih.

Yang motornya boros… Liat nih…

Alhamdulillah Operator bersedia mendahulukan Bebek Saya. Terimakasih Saya tak terhingga buat si Bapak operator.

Dengan tampang capek, si Operator bilang “Yah.. beginilah kondisinya, harap bapak maklum kalo semrawut begini..”

si operator juga bilang kalau di wilayah Lampung Timur, cuma di tempat ini (kec. Sekampung Udik) yang dapet jatah premium.. Itulah kenapa malam sebelumnya Saya ga dapet SPBU yang mengandung premium. Karena sistemnya jatah.

OK deh. Isi Rp10000,- aja.. Inikan jatahya warga setempat, bukan warga Cikarang😀 .

Terimakasih Pak…

Dan meluncur lagi menuju Kalianda.

Selamat tinggal.. Akhir tahun kita ketemuan lagi…

Di Kalianda juga sama. Premium langka… Tapi masih ada yang menyediakan Pertamax. Jadi isi Pertamax lagi..

Dan bersiap untuk perjalanan sepanjang malam melintasi gelapnya jalan kalianda-bakauheni, dilanjutkan sepinya Banten, Jakarta, dan Pagi harinya Saya telah sampai di Cibitung. Memulai rutinitas seperti biasa.

Sekian cerita Saya kali ini, mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil, terutama bagi pecinta motor boros.😀

4 responses

  1. bawa jerigen cadangan aja, bro…

    6 December 2011 at 11:48 am

    • Sipp…
      Usul ditampung. Tinggal si Calon nyonya masih mau ga dibonceng sambil bawa jerigen….😀

      6 December 2011 at 1:34 pm

  2. Susahnya di desa.

    6 December 2011 at 12:59 pm

    • he…
      semoga cepat berubah om…

      6 December 2011 at 1:33 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s