Cuma Weblog Entah-entahan

Mudik Kemarin nih…

Hari mulai biasa lagi setelah pekan kemarin Saya ambil cuti mudik ke Lampung. Baru mulai masuk kerja hari Sabtu. Padahal ijinnya cuma 3 hari, Senin sampai Rabu. Tapi apa daya, kita berencana, Tuhan berkehendak lain.😀

Di artikel sebelumnya,  (klik) Saya sudah mengabarkan tentang KarismaX memakai Piston KazeR. Dan sampai dengan hari Kamis tanggal 24 November kemarin, Saya telah membuktikan keberhasilan korter yang kami lakukan. Meskipun masih belum terbukti 100%, setidaknya, dari penggantian oli mesin awal November (menggunakan PrimaXP), dan menempuh Cikarang-Kotabumi-Labuhan Maringgai, kecepatan tinggi (rata2 80Km/jam) oli masih bersisa sekitar 600cc dari 800cc yang dituangkan ke mesin.

Cukup baik mengingat korter sebelumnya yang dengan pemakaian sekitar Cikarang, kecepatan diusahakan tidak lebih dari 60Km/Jam, penggantian tidak lebih dari satu bulan 10 hari, sisa oli di mesin tidak lebih dari 300cc.

Kamis pagi Saya lakukan penggantian oli mesin dengan tujuan memastikan sisa oli mesin karena jarak dan kecepatan. Sengaja Saya lakukan sendiri, menghindari tindakan mekanik yang kadang kurang peduli motor pelanggan. Ternyata justeru tindakan Saya membuahkan keburukan… Ternyata baut penutup oli bagain lubang buang tidak terpasang sempurna, Hasilnya:

Baut Hilang!!🙄

Parah! Mesin mati total, dimulai dari persimpangan Setu (daerah Cibitung) mesin mulai terasa seperti kehabisan bensin. Tapi masih Saya paksa, akhirnya sampai di pintu tol Cibitung mesin benar-benar meninggal.

Baut pengganti…

Setelah memasang Baut pengganti di bengkel terdekat, Saya langsung meminta mekanik untuk mengisi oli. Tapi ternyata, piston terkunci, tidak mau nyala. Apesnya, mekanik yang melayani Saya, sepertinya kurang pengalaman. Saya minta dia untuk mengalirkan oli ke ruang bakar melalui lubang busi, hasilnya nihil. Saya minta untuk memutar poros kruk-as, dia bilang “ga bisa pak, macet” (padahal belum dicoba..). Parahnya si mekanik ini maksa buat ngengkol mesin. Bahaya nih orang, bisa patah batang engkol Ane… atau malah protol roda gigi di dalamnya…

Hadeuh… kalo begini, mending Ane dorong nih motor ampe Cikarang. Daripada diurus mekanik beginian…

Langsung dah kontak temen di Cikarang, minta tolong siap-siap kalau-kalau terdesak cari pick-up buat angkut motor. Tapi Alhamdulillah… Mekanik yang lebih baik datang, dan mengambil-alih.

Setelah ditunggu sekitar 1 jam dengan harapan, setelah dingin piston akan kembali seperti semula. Hasilnya masih macet. Maka, mau tidak mau ruang bakar dibongkar. Ternyata pen piston berubah bentuk (memuai), sehingga mengunci gerakan piston dan lengan piston. Hasilnya piston tidak mampu bergerak bebas di dalam silinder.

Masalah terbesar baru terasa. Ternyata melepaskan pen piston yang sudah terkunci butuh kesabaran. Sekali lagi, Alhamdulillah Mekaniknya baik dan hati-hati dalam bekerja. Piston di’akalin supaya tidak perlu bongkar blok mesin. Meskipun menghabiskan waktu cukup lama, hasilnya mesin Ane jalan lagi…

gara2 baut sebiji… dapur gagal ngebul…

Ganti pen piston, sementara piston dan lengan piston di reamer lubangnya… terimakasih ya bang Mekanik aka bang Jack. Sudah bersedia meminimalisir pengeluaran Saya..:mrgreen:

Rencana Mudik akhir tahun pakai motor gatot, alias gagal total. (emang dilarang juga sih…)

Begitulah kisah yang tidak masuk rencana untuk diceritakan, tapi sayang untuk disimpan. Kisah lain dalam masa mudik kali ini, masih dalam rancangan. Mudah-mudahan segera terwujud.

Itu saja. Tetap perhatikan kendaraan kita, selalu cek kondisinya. Apa yang terjadi pada Saya, bukan untuk ditiru… Sekali lagi… BUKAN UNTUK DITIRU…..

Mudah-mudahan bermanfaat.

One response

  1. Pingback: Karisma 4-12-2011. « Nasi Goreng Kambing

Leave a Reply

