Cuma Weblog Entah-entahan

SOHC=Win Win Solution?

Bebeknya aja 5 Speed...

Memperhatikan blog Om IwanBanaran mengenai langkah Honda tentang jagoan 150cc barunya yang mulai terang, sepertinya SOHC adalah yang paling tepat. Selain menyelamatkan CBR 150 dan NMP (jika dibandrol H2H dengan Vixie), juga mempertahankan persaingan sehat antara dua ATPM terbesar di Indonesia ini.

Masih ingat kan dimasa jaya MegaPro dan Tiger, YMKI nekad menceburkan mesin R125 upgrade 150cc untuk membendung langkah Honda. Langkah Out Of The Box yang ternyata manjur. Untuk Supra X 125, YMKI menurunkan MX berbasis mesin R125 yang meskipun dicabut giginya tapi diperbesar ruang bakarnya (bayangin dah sendawa’nya😀 ). Walau tidak semanjur Vixie, tapi cukup untuk membentuk image produsen motor kencang yang murah tapi tidak murahan. Langkah yang membuat Honda sangat hati-hati dalam menetaskan produk baru…

Butuh waktu lima tahunan bagi Honda untuk mulai meladeni perang syaraf yang ditabuh YMKI. Ngomong-ngomong, terimakasih buat YMKI yang sudah memulai era motor hi-tech.

Kembali ke 150cc trellis. Dengan SOHC, akan “lebih mudah” bagi YMKI untuk mengimbangi jagoan baru Honda ini.Tidak terlalu banyak ubahan yang dilakukan tentunya…  Efeknya, akan tercipta segment baru yang pastinya menguntungkan konsumen. Tidak melulu di sekitar NMP vs Vixie (Byson kemana?? lagi sibuk memamerkan otot “macho”nya🙂 ).

Nah… dengan hadirnya lawan vixie, diharapkan Byson bisa lebih jantan menghadapi NMP. Jangan tampang doank ganteng. Giliran tempur, Vixie vixie juga yang ngeladenin NMP…:mrgreen:

Kalau boleh berharap, speknya begini:

SOHC, Liquid Cooler, 6 Speed (kalo lima, ngelirik CS1), dasar mesin CBR150, trellis, RDB, Body harus lebih macho dari Byson (tapi jok penumpang tetep friendly use ya..), dan yang terpenting harganya pepetin ke Vixie.

Dasar mesin juga jangan bergeser dari CBR150, kenapa? karena dengan dasar mesin yang sama, diharapkan tetap bisa ditempel kepala DOHC dari CBR. Mirip dengan kasus ditempelnya DOHC CBR150 ke kepala CS1. Nah.. buat tuner-tuner bangsa… silahkan mengembara di belantara mesin-mesin hi-tech.

Entah kenapa ada aura-aura optimis akan kehadiran 150cc Trellis ini… Begitulah pendapat om Idog untuk trellis 150cc Honda.

Mudah-mudahan bermanfaat..

2 responses

  1. Yach di tunggu saza

    21 October 2011 at 5:16 pm

    • wah udah ada yang nungguin rupanya.
      kaya’nya udah siap tabungan nih om Wahyu…😀

      22 October 2011 at 9:50 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s